Pendaftaran Mahasiswa Baru On Line

A. Syarat Pendaftaran

Untuk mendaftar, calon mahasiswa disyaratkan memiliki ijasah sarjana bidang ilmu yang secara khusus diatur oleh masing-masing Program Studi. (Informasi lebih lengkap lihat leaflet yang dikeluarkan masing-masing Prodi)

B. Prosedur Pendaftaran

1. Calon mengisi formulir pendaftaran melalui internet pada situs http://www.spmb.uns.ac.id klik “Pendaftaran” , kemudian cetak hasil pendaftaran on line tersebut sebagai bukti telah berhasil melakukan pendaftaran on line.

2. Paling lambat 3 (tiga) hari setelah melakukan pendaftaran on line. Calon membayar/mentransfer biaya pendaftaran sebesar Rp 400.000,00 untuk S-2 dan Rp 600.000,00 untuk S-3, ke rekening Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta di Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang UNS. Pembayaran dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang BTN on line dengan menuliskan Nama dan Nomor Pendaftaran Program S-2 atau S-3 pada Slip Setoran. Apabila lebih dari 3 (tiga) hari setelah pendaftaran on line tidak melakukan pembayaran, maka data yang telah diisi di internet akan dihapus.

3. Paling lambat 3 (tiga) hari sebelum tanggal ujian dilaksanakan, Calon mahasiswa melakukan verifikasi data dan menyerahkan /mengirimkan kuitansi/bukti asli setoran biaya pendaftaran seleksi mahasiswa baru S-2 atau S-3 dari Bank BTN, selanjutnya akan menerima Kartu Tanda Peserta Tes.

4. Mengikuti tes masuk sesuai jadwal yang telah ditetapkan panitia.

5. Paling lambat 3 (tiga) hari sebelum mengikuti tes Calon Mahasiswa mengisi dan menyerahkan/mengirimkan Formulir Lamaran (dapat diunduh pada http://www.spmb.uns.ac.id ) ke PPs UNS dengan alamat: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No. 36 A Surakarta 57126; Telp/Fax. (0271) 632450.

6. Formulir Lamaran (pada butir 5) dilampiri berkas (masing-masing rangkap dua), sebagai berikut:

a. Copy ijasah sarjana (S-1/S-2) dan transkrip akademik yang dilegalisir oleh Fakultas/Universitas asal S-1/S-2 nya bagi PTN, dan Kopertis bagi lulusan PTS, atau yang berwenang

b. Surat rekomendasi dari pihak yang mengetahui kemampuan akademik calon, sedapat mungkin Pembimbing Akademik (PA) atau dosen pembimbing skripsi/tesis.

c. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program magister/doktor, yang berisi:

1) Alasan mengikuti program magister/doktor.

2) Harapan yang diinginkan dalam mengikuti program magister dan rencana yang dilakukan setelah menyelesaikan program ini.

d. Daftar riwayat hidup (curriculum vitae).

e. Surat ijin belajar tertulis dari instansi tempat bekerja (bagi yang sudah bekerja).

f. Surat keterangan sehat dari dokter.

g. Surat keterangan jaminan sanggup membiayai studinya sampai selesai baik dari diri sendiri maupun dari instansi tempat kerja atau sponsor.

h. Sampul Formulir Lamaran untuk S-2 berwarna biru, sedangkan untuk S-3 berwarna kuning.

C. Materi Tes, Dasar Pertimbangan Penerimaan, dan Pengumuman

1. Materi tes berupa Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris (serta wawancara/ materi khusus program studi tertentu). Untuk calon beasiswa BPPS tes dilakukan terakhir bulan April.

2. Dasar pertimbangan penerimaan adalah kelengkapan persyaratan administrasi, hasil tes, dan kemampuan akademik S-1/S-2.

3. Pengumuman hasil seleksi dapat dilihat di website  http://spmb.uns.ac.id Pengumuman juga dapat ditanyakan ke PPs UNS, baik secara langsung maupun melalui telepon.

JADWAL

Jadwal selengkapnya bisa dilihat di sini