IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 BANSARI KABUPATEN TEMANGGUNG)

Sujarwati. S 810906213. Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Bansari Kabupaten Temanggung). Tesis. Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2008.


Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsi pelaksanaan pendekatan CTL pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bansari Kabupaten Temanggung (2) memaparkan hasil belajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bansari Kabupaten Temanggung dengan pendekatan CTL, (3) menganalisis masalah yang ditemui dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pendekatan CTL SMP Negeri 1 Bansari Kabupaten Temanggung, (4) mendeskripsi cara mengatasi masalah yang ditemui dalam penerapan pendekatan CTL di SMP Negeri 1 Bansari Kabupaten Temanggung .
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bansari Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Sumber data didapat dari tiga sumber (1) peristiwa, (2) informan, (3) dokumen atau sumber tertulis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) pengamatan/observasi, (2) wawancara mendalam, (3) mengkaji dokumen arsip (content analysis), (4) kuesioner (quetionnaire). Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan teknik cuplikan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, keajegan pengamatan, trianggulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif (1) reduksi data, (2) sajian data, (3) penarikan simpulan/verifikasi
Hasil penelitian yaitu (1) implementasi pendekatan contextual teaching and learning pembelajaran Bahasa Indonesia dapat berjalan dengan baik mengacu tujuh pilar landasan utama kontekstual, kegiatan pembelajaran diadministrasikan dengan baik sehingga memudahkan untuk melakukan pengecekan data jika terjadi ketidaksesuaian antara pelaksanaan dengan program yang telah disusun. (2) hasil belajar Bahasa Indonesia melalui implementasi pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sudah berhasil mencapai target kriteria kelulusan dalam UAN, (3) masalah yang ditemui oleh guru dalam implementasi pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia secara garis besar adalah pemahaman guru tentang CTL, terbatasnya sarana penunjang KBM, (4) cara mengatasi yaitu guru berusaha menyesuaikan pola mengajar, pemenuhan sarana. sesuai kemampuan.
Saran penelitian (1) meningkatkan peranserta orang tua dan masyarakat melalui komite sekolah, (2) pola mengajar berorientasi tujuh pilar kontekstual lebih seksama, (3) memenuhi sarana pembelajaran (4) meningkatkan peserta penataran CTL bagi seluruh guru.