PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM TUGASNYA SEBAGAI EDUKATOR DI SEKOLAH DASAR MARSUDIRINI SURAKARTA

ABSTRAK

Fransisca Saptariningdyah, NIM: S. 810908107, 2010. PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM TUGASNYA SEBAGAI EDUKATOR DI SEKOLAH DASAR MARSUDIRINI SURAKARTA. Komisi Pembimbing I, Prof.Dr. Sri Yutmini, M.Pd. Pembimbing II Dr. Sri Haryati, M.Pd. Tesis : Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Keberhasilan sekolah dalam melakukan pelayanan lingkungan, mampu menghadapi tantangan, serta mampu mempertanggungjawabkan tugasnya, tidak lepas dari kepemimpinan kepala sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah menjadi salah satu penentu tercapainya tujuan program sekolah. Sebagai seorang edukator, kepala sekolah terlibat dalam kerja sama dengan segenap warga sekolah.
Permasalahan dalam kepemimpinan kepala sekolah ini dibatasi pada bagaimana pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah di SD Marsudirini Surakarta ? Bagaimanakah pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam tugasnya sebagai edukator di SD Marsudirini Surakarta ? dan prestasi apa saja yang telah dicapai SD Marsudirini Surakarta ?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kepemimpinan kepala sekolah yang meliputi dan memiliki; kemampuan mempengaruhi orang lain, kemampuan memberikan supervisi atau pengawasan, kemampuan membimbing, mengarahkan, dan memberi motivasi, kemampuan dalam pembagian tugas, kemampuan dalam pemecahkan masalah; kemampuan dalam pengambilan keputusan kemampuan dalam berkomunikasi; dan kemampuan dalam pendelegasian tugas. Tugasnya sebagai edukator di SD Marsudirini Surakarta meliputi; sebagai guru, kemampuan membimbing guru, membimbing karyawan, membimbing siswa, membimbing staf, mengikuti perkembangan iptek, dan kemampuan memberi contoh mengajar. Pengumpulan data melalui wawancara kepada kepala sekolah, guru, dan karyawan. Observasi langsung pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Sumber data tambahannya berupa dokumen daftar prestasi akademik dan kegiatan ekstrakurikuler sekolah yang terkait dengan masalah penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kepemimpinan
Kepala sekolah dalam tugasnya sebagai edukator di SD Marsudirini Surakarta telah dilaksanakan dengan baik, sehingga prestasi akademik dan prestasi kegiatan ekstrakurikuler sekolah berhasil baik dan tujuan program sekolah dapat tercapai.

ABSTRACT

Fransisca Saptariningdyah, NIM S.810908107, 2010 THE ENFORCEMENT OF PRINCIPAL LEADERSHIP AS AN EDUCATOR AT SD MARSUDIRINI SURAKARTA. The 1st commission leader Prof.Dr. Sri Yutmini, M.Pd. The 2nd commission leader Dr. Sri Haryati, M.Pd. Thesis : Education Technology Program, Pasca Sarjana Progam University of Sebelas Maret Surakarta.

The successful of a school in serving it’s environment, capability in facing the challenges and taking responsibility for it’s duties cannot be separated from the leadership of the principal. The principal leadership itself is one of the key to gain the school purpose. As an educator, the principal must involve in any cooperation with all school members.
The problems in the principal leadership are confined to how is the enforcement of the principal leadership at SD Marsudirini Surakarta ?, How is the enforcement duty of principal leadership as an educator in SD Marsudirini?, and what kinds of achievements have SD Marsudirini Surakarta been gained?.
The purpose of the research is actually to describe the principal leadership which has some capabilities, such as influencing others, giving a supervision, leading, guiding and giving motivations, distributing the works, solving problems, making decisions, communicating, and delegating the jobs. As an educator at SD Marsudirini Surakarta, she has a duty as a teacher. Because of it’s responsibility, she must have capability in leading and guiding the teachers, the staffs, and the students. She has to guide the staffs to learn the development of technology and give some examples how to teach properly. The data is collected through the interview with the principal, the teachers, and the staffs. The observation is directly carried out to the enforcement principal leadership and the extracurricular activities at school. The additional data sources are taken from the academic achievement documents and the extracurricular activities which have a relation with the problem research.
The result of the research shows that the enforcement of the principal leadership in her duty as an educator at SD Marsudirini Surakarta has been carried out well so that the purpose of the school programs can be gained.