PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DAN GAYA BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pembelajaran IPA pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII Semester 1 SMP N 1 Juwiring Tahun Ajaran 2009/2010)

Ika Rahmawati, S830908017. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Gaya Belajar Siswa (Studi Kasus Pembelajaran IPA pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII Semester 1 SMP N 1 Juwiring Tahun Ajaran 2009/2010)”.Tesis. Pembimbing I: Dr. Sugiyarto, M.Si, Pembimbing II: Dr. Sarwanto, M.Si. Program Studi Pendidikan Sains Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. 2010.

Pembelajaran IPA menuntut adanya peran aktif siswa dan cara berpikir kooperatif. Untuk itu dalam pembelajaran IPA perlu penerapan model pembelajaran kooperatif dengan mempertimbangkan karakteristik siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif dengan NHT dan TPS terhadap prestasi belajar IPA dengan meninjau motivasi berprestasi dan gaya belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2×2x3. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Juwiring. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen pertama (VIIIG) dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif NHT dan kelas eksperimen kedua (VIIIF) dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif TPS. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk prestasi belajar, angket untuk motivasi berprestasi dan gaya belajar. Data dianalisis menggunakan analisis variansi tiga jalan dengan isi sel tak sama. Uji komparasi ganda pada gaya belajar menggunakan metode Scheffe.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. model pembelajaran kooperatif berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA, model pembelajaran kooperatif NHT lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif TPS; 2. motivasi berprestasi siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA, siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi akan menghasilkan prestasi belajar IPA yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki motivasi berprestasi siswa rendah; 3. gaya belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA, siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik menghasilkan prestasi belajar yang paling tinggi dibandingkan siswa yang memiliki gaya belajar auditory dan visual; 4. tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif yang digunakan dengan motivasi berprestasi siswa; 5. tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar IPA; 6. tidak terdapat interaksi antara motivasi berprestasi dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar IPA; 7. tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan motivasi berprestasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar IPA.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Motivasi Berprestasi, Gaya Belajar Siswa

Ika Rahmawati, S830908017. The Application Cooperative Learning with Numbered Heads Together (NHT) and Think Pair Share (TPS) viewed by Achievement Motivation and Learning Style Student on their Achievement (A Case Study of Science in Material of the Digestion System Senior High School 1 Juwiring the first Semester of Grade VIII State in Academic Year 2009/2010). Thesis. The counselor I: Dr. Sugiyarto, M.Si, Pembimbing II: Dr. Sarwanto, M.Si. Program Study of Science Education, postgraduate program, Sebelas Maret University of Surakarta. 2010
Science learning demanded the existence of the active role of the student and the cooperative way of thinking. So in science learning needed the application of the cooperative learning with viewed student characteristic. The aim of this research was to know the influence of the application of the cooperative learning with NHT and TPS towards the learning achievement by considering achievement motivation and learning style student.

This research used the experiment method with the design 2×2x3. The research population was all the class student of VIII Senior High School 1 Juwiring . The sample of the research was determined randomly technically cluster random sampling that consisted of two classes. The first experiment class (VIIIG) with treatment the cooperative learning NHT and the second experiment class (VIIIF) with treatment the cooperative learning TPS. The data collection used the test technique for the studying achievement, the poll for the achievement motivation and learning style Student. The data was analysed used the analysis of the variance of three roads with the contents of the cell not be the same. The dual comparison test in the studying style of using the Scheffe method.

Result should: 1. there was an effect of the application of the cooperative learning with NHT and TPS towards the science learning achievement, NHT more effective than TPS; 2. there was an effect of high and low achievement motivation in science learning to the science learning achievement; 3. there was an effect of learning style of the science learning achievement, kinestetic learning style more high learning achievement than auditory and visual; 4. there was no interaction between the cooperative learning with achievement motivation to the science learning achievement, (5) there was no interaction in between the cooperative learning with learning style to the science learning achievement; (6) there was no interaction between achievement motivation with learning style to the science learning achievement, (7) there was no interaction between the cooperatif learning, achievement motivation and learning style to the science learning achievement.

Key word: The cooperative learning, Motivation of achievement, Learning style student