Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPS-Geografi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa VIII SMPN 18 Balikpapan

Wulan Kristanti. S.880908015. “Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPS-Geografi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa VIII SMPN 18 Balikpapan”. Tesis. Surakarta : Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret.2010.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui Pengaruh metode pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar IPS-Geografi siswa SMPN 18 Balikpapan; (2) mengetahui pengaruh tingkat motivasi terhadap hasil belajar IPS-Geografi siswa SMPN 18 Balikpapan; (3) Mengetahui pengaruh antara metode pembelajaran kontekstual dan tingkat motivasi terhadap hasil belajar IPS-Geografi siswa SMPN 18 Balikpapan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 18 Balikpapan tahun pelajaran 2009/2010. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 18 Balikpapan, dari populasi tersebut diambil 90 siswa sebagai sampel, yang terdiri dari 46 siswa kelas VIIIB sebagai kelas Eksperimen diberi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan kelas VIIIA sebanyak 44 siswa sebagai kelas kontrol diberi pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik analisis data digunakan Analisis Variansi dua jalan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan konvensional (Fhitung = 4,3555 > Ftabel = 3,98), derajad kebebasan 1 pada taraf signifikansi  = 0,05 ; (2) terdapat perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang mempunyai motivasi tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi rendah ( Fhitung = 5,3911 > Ftabel =3,13 ) derajad kebebasan 2 pada taraf signifikansi  = 0,05 ; (3) tidak terdapat interaksi pengaruh pembelajaran kontekstual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar geografi ( Fhitung = 0,8592 < Ftabel = 3,13 ) derajad kebebasan 2 pada taraf signifikansi  = 0,05.
Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar geografi siswa. Penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat membangkitkan minat siswa dalam mempelajari geografi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa hasil belajar geografi dapat ditingkatkan melalui motivasi dan ketepatan pemilihan pendekatan dan metode pembelajaran. Hanya saja pada penelitian ini tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran yang digunakan dan motivasi belajar dengan Hasil belajar IPS- Geografi