Hubungan Antara Disiplin Belajar, Minat Belajar, dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Sukoharjo

Sugiyanti (S. 810908119) Hubungan Antara Disiplin Belajar, Minat Belajar, dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Sukoharjo. Tesis. Surakarta: Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pasca Ssarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2009.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Ada tidaknya hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar pendidikan Kewarganegaraan, 2) Ada tidaknya hubungan minat belajar dengan prestasi belajar pendidikan Kewarganegaraan, 3) Ada tidaknya hubungan movasi belajar dengan prestasi belajar pendidikan Kewarganegaraan, 4) Ada tidaknya hubungan disiplin belajar, minat belajar, dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sukoharjo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional untuk memecahkan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Sukoharjo yang berjumlah 1.870 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan proportional random sampling sebanyak 294 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel disiplin belajar, minat belajar dan motivasi belajar serta tes prestasi belajar PKn untuk variabel prestasi belajar pendidikan Kewarganegaraan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment dan regresi linier ganda dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan: (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sukoharjo (rhitung > r¬tabel atau 0,821 > 0,113 pada taraf signifikansi 5 %), sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya, (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sukoharjo (rhitung > r¬tabel atau 0,824 > 0,113 pada taraf signifikansi 5 %), sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya, (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sukoharjo (rhitung > r¬tabel atau 0,826 > 0,113 pada taraf signifikansi 5 %), sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya, (4) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar, minat belajar, dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sukoharjo (rhitung > r¬tabel atau 0,826 > 0,113 pada taraf signifikansi 5 %), sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya.