Pengembangan MultiMedia Pembelajaran IPA untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa

Sukarjo, Pengembangan MultiMedia Pembelajaran IPA untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa ( Studi tentang Multimedia Interaktif Berbasis Komputer di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Kudus) Tesis. Surakarta : Program Pascasarjana, Universitas Negeri Sebelas Maret Serakarta 2009.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan Media Pembelajaran IPA yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah belajar siswa terutama terbatasnya sumber belajar siswa, dan 2) Menguji kelayakan produk multimedia pembelajaran yang dikembangkan untuk pembelajaran IPA untuk siswa SD/MI.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang melibatkan 50 responden, terdiri dari 6 siswa untuk uji coba satu-satu, 12 siswa untuk uji coba kelompok, dan 32 untuk uji coba lapangan. Sebelum diujicobakan produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Aspek penilaian meliputi aspek materi, aspek pembelajaran, dan aspek media. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengembangan Multimedia pembelajaran IPA telah dilaksanakan secara dengan prosedur pengembangan media, yang meliputi penelitian pendahuluan, analisis pembelajaran, produksi/pengembangan media, dan revisi, sedangkan evaluasi terhadap multimedia pembelajaran IPA untuk siswa SD/MI telah dikembangkan sesuai dengan prosedur evaluasi pengembangan media. 2) hasil validasi oleh ahli materi dan media menujukkan bahwa multimedia pembelajaran IPA pada skala likert (1,2,3,4,dan 5 ) memiliki kualitas pembelajaran yang sangat baik ( dengan nilai 4,16 ), kualitaas materi yang sangat baik ( dengan nilai 4,20 ) dan kualitas media yang sangat baik ( dengan nilai 4,30). Rata-rata hasil Uji Coba lapangan menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran IPA pada skala likert ( 1, 2, 3, 4,5 ) memiliki kualitas pembelajaran sangat baik ( dengan nilai 4,63 ), dan kualitas materi yang sangat baik ( dengan nilai 4,66 ) dan kualitas media yang sangat baik ( dengan nilai, 4,68 ). Hasil tersebut meunjukkan bahwa multimedia pembelajaran IPA yang dikembanhkan peneliti layak digunakan sebagai media pembelajaran maupun sumber belajar.