Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran IPS di kelas VIII SMP PGRI Jati Kabupaten Kudus

Sulebi, S. 810908331, 2009, Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran IPS di kelas VIII SMP PGRI Jati Kabupaten Kudus, Tesis: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan metode cooperatif learning pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP PGRI Kabupaten Kudus. (2) proses pembelajaran metode cooperatif learning pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP PGRI Kabupaten Kudus, (3) kendala dan cara mengatasi penerapan metode cooperatif learning pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP PGRI Kabupaten Kudus, dan (4) evaluasi dan monitoring metode cooperatif learning pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP PGRI Kabupaten Kudus.

Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Magelang. Dengan jumlah populasi sebanyak 399 guru. Sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan tabel Nomogram dengan taraf kesalahan 5%, jadi besarnya sampel yang diambil sebanyak 186 guru. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara proporsional random sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan uji asumsi klasik (uji otokorelasi, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas), uji hipotesis (analisis regresi linear berganda), uji t, uji ketepatan model (uji f dan koefisien determinasi), dan sumbangan prediktor (sumbangan relatif dan efektif).
Hasil penelitian ini adalah (1) Koefisien regresi variabel persepsi guru terhadap supervisi klinis dengan kinerja guru adalah sebesar 0,891. (2) Bantuan Supervisor Dengan Kinerja Guru. Koefisien regresi variabel bantuan supervisor dengan kinerja guru adalah sebesar 0,883. (3) Persepsi Guru Terhadap Supervisi Klinis dan Bantuan Supervisor berhubungan Secara Bersama-Sama Dengan Kinerja Guru. Uji keberartian dengan menggunakan uji F menghasilkan nilai F hitung sebesar 98,733.

Kata kunci: Persepsi guru terhadap supervisi klinis, bantuan supervisor, dan kinerja guru