UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XII TPTL2 SMK NEGERI 2 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/201.

Ruswadi, S 810809220. 2011. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XII TPTL2 SMK NEGERI 2 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/201. Tesis : Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing I : Prof. Dr. Mulyoto, M.Pd, Pembimbing II : Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan mutu proses pembelajaran menulis narasi siswa kelas XII SMK Negeri 2 Sragen dan (2) meningkatkan hasil kemampuan menulis narasi siswa setelah diberi pelajaran melalui strategi belajar kooperatif jigsaw.

Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode Classroom Action Research yang biasa disebut CAR atau lebih dikenal dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu merupakan kegiatan penelitian yang bertujuan untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran secara bersiklus. Dalam setiap siklus memiliki empat langkah yaitu : (1) tahap perencanaan (planning), (2) tahap pelaksanaan tindakan (acting), (3) tahap observasi (observing), dan (4) tahap refleksi (reflecting). Sedangkan subjek penelitian adalah siswa kelas XII berjumlah 34 Siswa SMK Negeri 2 Sragen terdiri dari Siswa putra 34 dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara : 1) pengamatan, 2) wawancara, 3) dokumen, dan 4) keterampilan menulis narasi digunakan tes menulis. Pengujian analisa data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara trianggulasi sumber data trianggulasi metode pengumpulan data. Teknik analisis data kualitatif menggunakan deskriptif komparatif, teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik statistik deskriptif.
Hasil penelitian adalah : 1) Penggunaan strategi koooperatif learning jigsaw dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran menulis siswa kelas XII SMK Negeri 2 Sragen. 2) Penggunaan strategi kooperatif learning dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas XII SMK Negeri 2 Sragen. Penerapan strategi pembelajaran kooperatif learning – Jigsaw ternyata mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis/mengarang. Hal ini terindikasi adanya peningkatan jumah siswa yang mengalami ketuntasan belajar dari siklus I hingga siklus III. Disamping itu juga adanya peningkatan nilai rata – rata kemampuan menulis narasi dari siklus I hingga siklus III. Siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai 11 siswa (32.35%) dan nilai rata – ratanya adalah 65.64, Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa (75%). Dan nilai rata – rata mencapai 69.5 Sehingga dilanjutkan tindakan siklus III. Hasilnya cukup memuaskan, karena jumlah siswa tuntas mencapai 31 siswa (91.17%). Dan reratanya mencapai 73.2

Kata-kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw
Ruswadi, S 810809220 2011. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XII TPTL2 SMK NEGERI 2 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/201. Thesis : The Graduate Program in Education Technology, Graduate Program, Sebelas maret University, Surakarta 2011.
The aims of this research to improve : (1) the quality of narration writing learning process of the students in Grade XII of SMK Negeri 2 Sragen, and (2) the results of narration writing ability of the students following the writing learning with Jigsaw cooperative learning strategy.
This research is a classroom action research aimed at solving the problems in the learning through four cycles. Each cycle covered (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. The subjects of the research were 34 students and all of them are male in Grade XII SMK Negeri 2 Sragen and a class teacher. Its data were gathered through 1) observation, 2) in-depth interview, 3) content analysis (document analysis), and 4) test of narration writing skill. The data were validated through data source and data gathering method triangulations. The data were then analyzed by means of qualitative and quantitative technique of analysis. The former used the comparative descriptive technique, whereas the latter used the descriptive statistic one.
The results of the research are as follows: 1) The use of Jigsaw Cooperative Learning strategy can improve the writing interest of the students in Grade XII SMK Negeri 2 Sragen. 2) The use of Jigsaw Cooperative Learning strategy can improve the writing skill of the students in Grade XII SMK Negeri 2 Sragen. The application of Jigsaw cooperative learning strategy apparently is able to improve the students’ writing ability as indicated by the increased number of the students completing their writing subject matter from Cycle I through Cycle III. Besides, the average scores of their narration writing also increase from Cycle I through Cycle III. In Cycle I, the number of students completing their writing subject is 11 (32.35%), and their average scores are 65.64. In cycle II, the number of students completing their writing subject matter is 24 (75 %), and their average scores are 69.5. In Cycle III, the number of students completing their writing subject matter is 31 (91.17 %), and their average scores are 73.2; this result is somewhat satisfactory compared to the first and second cycles.

Key Words: Learning Result, Cooperative Learning Method Jigsaw Type